Archive for the ‘ memulai motret ’ Category

Kirab Budaya Klaten

walau sebenarnya timbul dibenak saya apa maksud dari pengulangan perayaan HUT kabupaten Klaten ini, tapi saya urungkan mencari tahu alasannya, ya sudah acara sudah ada dengan mengundang beberapa kabupaten di jateng & DIY. maka, mari motret saja:

20121030-114209.jpg

20121030-114244.jpg

20121030-114259.jpg

20121030-114312.jpg

20121030-114326.jpg

20121030-114339.jpg

20121030-114350.jpg

20121030-114421.jpg

20121030-114434.jpg

20121030-114444.jpg

20121030-114502.jpg

20121030-114519.jpg

Nathan Road, Hong Kong

    “This is heaven for street photographer” was my first impression when i hit Mongkok & Nathan road in Hong Kong. The city is too busy for them to ‘care’ about us. They don’t mind when we point on our viewfinder. Everyone having walk in Nathan road, not only teenagers but also some very old mens. Hong Kong is great place for you that love to walk. In case you are tired, you can go down to the subway, and buy ticket for your trip.
    I was upset when i wasn’t able to take some pictures in ladies market. I was blinded by the need buying some unique things there.

    Here are some of my photos in Nathan Road;

    Looking for a book

20120816-094342 PM.jpg

    Lonely

20120816-094710 PM.jpg

    Checking

20120816-094839 PM.jpg

    A conversation

20120816-095012 PM.jpg

    Street performance

20120816-095256 PM.jpg

    Mask Woman

20120816-095609 PM.jpg

    Exchange

20120816-095847 PM.jpg

    Etalase

20120816-100053 PM.jpg

    Couple of ice creams

20120816-100329 PM.jpg

    Look right

20120816-100830 PM.jpg

    Smell

20120816-101612 PM.jpg

    Knitting-wandering-questioning

20120816-105042 PM.jpg

    Reading on the train

20120816-104409 PM.jpg

    A real hero

20120816-103414 PM.jpg

    Curious Kid

20120816-102434 PM.jpg

Street of George Town

George Town, is a heritage city in Penang Island, Malaysia. It resembles the british colonial, the time before Malaysia given their independence.

How to get there? Either you can choose by plane or by bus. It is four hours by bus from its capital city, Kuala Lumpur. The Bus waiting for you until 7pm. George town also offer some cheap hostels for backpackers. Please google for the details

    Terminal Bersepadu Selatan

      Terminal Puduraya

        Terminal Sungai Nibong

          Suttle bus or taxi to hostels

The city is full of historical buildings. The society is filled with malayan, chinese and hindi. This place is nice for street photographer as you may point you camera in many spots and corners.

20120811-094703 AM.jpg

    20120811-095148 AM.jpg

    <a

Tips memotret dibalik kaca bus

Apakah teman sering traveling? Sering mendapatkan view yang menarik bukan? Tapi hasil jepretan sering blur Atau kabur? Berikut tips tips nya:

-Set shutter speed minimum di 1/1000 s
-gunakan lensa normal s/d tele 50mm Atau 100mm
-dekatkan lensa ke kaca sedekat mungkin, supaya tidak fokus ke kaca dan menghindari bayangan refleksi
-setting ke manual focus dan taruh pada infinity
-perhatikan jika mendapatkan pandangan yang lapang, jangan terlalu memikirkan object yg bergerak ataupun anda yang bergerak, dalam kondisi ini berpikir boleh anda akhirkan
-setting juga pada mode multishot bukan single shot sehingga anda mempunyai beberapa pilihan frame
-oiya satu lagi jangan lupa matikan flash, karena pantulan cahaya dikaca membuatnya menjadi harsh & membuyarkan POI

Pasar Terapung – photos

Ada 2 lokasi pasar terapung di Banjarmasin Kalimatan Selatan, satu di Kuin dan satunya lagi berada di LokBaitan.

ane bersepeda selepas subuh, berangkat ke LokBaitan. dari arah kota, kita bisa melalui jalan veteran lurus sampai ketemu pasar diseberang sungai jarak sekitar 10km, kemudian kita belok kiri menyusur sungau (sepeda/sepedamotor) kira kira sejauh 7km. jika memakai mobil kita bisa meneruskan dari pasar tadi sampai perempatan jalan besar, kemudian nanti memutar. singkat saja berikut photo2 ane:

1. aku dan Ibu

2. Tawar Menawar

3. Aku dan Istriku

4. Membeli Beras

5. Aku, Ayah & Ibu

Memilih kamera DSLR

begitu banyak penggemar photography dewasa ini, mungkin hal itu yang membuat agan tertarik untuk ikut gabung serta didalamnya, setelah agan sedikit diperlihatkan photo photo yg cantik di mata agan.

Tapi Gan, jangan berangkat beli DSLR dari hal diatas lho …, bahwa membeli DSLR dengan harapan photo photo agan akan lebih bagus hasilnya adalah salah. ane katakan salah karena sebenarnya DSLR hanya memberikan pilihan pengaturan / setting pada kamera yg lebih luas dari pada kamera saku/compact kamera.

jika agan saat ini belum menguasai betul kamera saku agan, mendingan jangan beli kamera DSLR terlebih dahulu. saran ane, pelajari betul kamera saku agan, sampai agan menemukan / mentok pada suatu setting tertentu yg membuat kreativitas agan tidak berkembang.

contoh kasus, ane dulu pemegan kamera pocket nikon coolpix, ane suka keluar malam (kaya kelelawar) motret malam malam. dari sana ane mentok pada settingan kamera saku ane, bahwa saat ane pengin long exposure -katakanlah 7 detik maksimum yg mampu di capai kamera saku tersebut- ane terpaksa memakai buaan terbesarnya, misalnya f/2.8 , padahal saya berpikir bahwa dengan f/2.8 ane gak bisa mendapatkan ruang tajam yg luas.

dari situ lah ane tau betul selera motret ane dengan kemampuan kamera saku, barulah ane pindah ke DSLR.

tapi sekali lagi ya gan, sejauh kamera saku masih belum agan kenali dengan baik & agan belum merasa mentok dengan kamera saku tersebut, lebih baik agan bertahan di kamera saku.

jangan minder untuk hobby photography dengan kamera saku, seperti yang pernah ane utarakan sebelumya bahwa kamera saku bisa memproduksi hasil yg bagus bagus, seperti pernah diperlihatkan teman ane -Pak pryadi- dengan photo photo makro nya hanya dengan kamera saku.

tapi boleh juga jika agan loncat, sebelumnya gak punya kamera saku dan langsung ingin beli DSLR, dengan catatan agan harus membaca manual book begitu membuka kardus kamera DSLR yang baru. baca dengan tuntas. walaupun hal tersebut tidak menjamin agan akan menghasilkan photo photo bagus, akan tetapi agan akan mengenali kamera DSLR agan dengan baik, dan tahu bagaimana mensetting kamera tersebut.

photography tidak bisa lepas dari teknik photography, agan harus banyak banyak membaca bagian bagian kamera dan seluk beluknya sambil praktek langsung, kan sekarang tidak ada lagi alasan mahal karena film negatif.

jika memang agan kebelet untuk membeli kamera DSLR, ane sarankan belilah yang sesuai budget agan, jika budget agan saat ini 100%, investasikan 70% untuk kamera DSLR, karena kedepannya tentu agan akan menginginkan lensa yang lainnya. lensa yang lebih baik ini pun tidak menjamin agan akan menghasilkan photo yang bagus, karena lensa yg mahal biasanya hanya menjajikan ketajaman yg baik, lain halnya dengan hasil photo.

perlu diingat juga gan, bahwa peruntukan lensa itu macam macam, ada lensa wide untuk landcape photography, lensa makro untuk photo photo makro, lensa tele untuk motret yg jauh jauh, dll. walapun lensa tersebut peruntukannya masing masing bukan berarti lensa tersebut tidak multi fungsi, bisa croos function tapi mungkin terbatas.

kesimpulannya gan, jika memang kebelet memebli kamera DSLR, belilah yg sesuai budget, entry level DSLR dulu saja. kemudian nanti lihat perkembangan minat photography agan lebih ke mana, sembari menabung untuk investasi lensa.

demikian gan, semoga mencerahakn, tulisan ini termotivasi dari teman di twitter @hanung665, jika ingin follow ane bisa di akun @iphoer 🙂

hasil hunting minggu pagi

ane keluar subuh”, ke masjid dulu gan, habis itu ngajak temen ane bersepedaan, niat awalnya nyari kunci sepeda, mampir deh ke toko sepeda, tapi tetep kamera selalu dibawa dalam acara main” begini,

tukang sepedanya baru buka buka, ane tnggu sebentar, setelah beli kunci selesai. ada adik muncul dari dalam, mau keluar bawa sepedanya. tinggal pilih kan? orang anak tukang sepeda …

ini ane beri judul sepedakubanyak

ada lagi nih Gan

setelah menempuh jalan sekitar 3km, kemudian perjalanan dengan sepeda ane lanjutkan ke arah museum yg lumyan tidak terawat, dibawah kolong jembatan terlihat anak anak kecil bermain di taman kota yg tidak terurus 😦

berputar putar sebentar, masih di area ini, eh ada banyak anak anak lagi senam pagi, cakep nih kalau ane jepret (pikirku)

hmm, cukup lama ane muter muternya Gan, ane kemudian memutuskan untuk cabut. eh di pinggir jalan ada Bapak jualan lumpia aneka rasa, dari mulai arab, turki, kairo, dsb. ane ngobrol sebentar dengan Bapaknya, kemudian ane minta ijin untuk ambil photonya

sembari nunggu pesenan ane (lumpia Arab), ngobrol2 dengan bapaknya lagi. eh mateng deh itu lumpia, ayo disantap Gan …

sebenarnya photo” nya masih banyak Gan, tapi ini saja cukup mewakili.

makasih ya sudah mampir, kalau berkenan tinggalkan comment Gan, kolom sebelah tuh *blogmiskincomment*