Bagaimana Membuat Foto yang Bagus

Tulisan ini, adalah ringkasan dari apa yang saya dapatkan dari workshop pada salah satu acara yang diadakan oleh kominfo.

Beruntungnya saya mengikuti workshop ini, karena biasanya workshop photography pada event lomba seperti ini hanya kan diisi penjelasan yang kebanyakan membahas tentang dasar dasar teknik fotografi, tapi tidak pada kali ini. Pembicara utama adalah Pak Hariyanto, dia adalah seorang Editor Foto dari Media Indonesia.

Pak Hariyanto menjelaskan tentang apa itu foto yang bagus, bagaimana membuatnya dan diakhiri dengan penjelasan megenai foto jurnalistik.

Membicarakan tentang foto bagus adalah sangat subyektif, tergantung penilainya. Oleh sebab itulah dalam sebuah lomba foto, selalu ada juri yang jumlahnya lebih dari dua.

Sejauh kita adalah peserta lomba foto, maka kewajiban kita ada menyajikan hasil jepretan sebaik mungkin, minimal untuk ukuran umum. Karena walaupun penilaian foto itu subyektif, akan tetapi selalu ada nilai nilai umum kata “bagus” dalam menilai sebuah foto.

Nah, bagaimana sekarang caranya membuat foto bagus?

Beliau menjelaskan dan bahkan mengulang-ulang 4 langkah membuat foto bagus, yang diharapkan dengan pengulangan itu peserta workshop akan gampang mengingat dan tidak mudah lupa.

  1. Langkah pertama adalah memulainya dengan memperbanyak MEMORI VISUAL. Banyak-banyak melihat foto bagus akan menjadikan konsep membuat foto bagus lebih nyata, karena dengan banyak melihat foto bagus, pikiran kita akan terkesan dengan foto-foto bagus tersebut.
  2. Memulai PRA-VISUALISASI, setelah pikiran kita penuh dengan foto-foto bagus, seharusnya secara otomatis pikiran kita akan menyetir nalar untuk membayangkan dan mulai mengonsep foto seperti apa yang mungkin akan diambil nantinya.
  3. PEMAHAMAN MEDAN. Sebelum mengambil foto, modal utama yang sangat berguna dari pikiran seorang fotografer adalah pemahamannya mengenai medan. medan disini tidak tertutup hany pada lokasi, tetapi juga pada rundown waktu. Misalnya saat memotret acara budaya, seseorang fotografer yang baik harus tahu sususan acara atau urutan gesture/gerak yang kira kira akan dilakukan oleh obyek foto kita nantinya.
  4. Langkah yang terakhir setelah foto itu kita buat, selalulah meminta IMAJINASI PIHAK KETIGA dari orang orang sekitar anda, foto yang baik menurut kita belum tentu bagus menurut orang lain, akan tetapi seperti yang dijelaskan tadi bahwa selalu ada nilai-nilai standart “bagus”untuk menilai sebuah foto. kritik dari pihak ketiga sangatlah membantu dari proses mendapatkan foto bagus.

Selain empat langkah diatas, ada metode yang dikenal dengan EDFAT, yang akan membantu melatih cara pandang pada hal-hal yang detail dan tajam dari sebuah peristiwa yang cukup luas.

  • Entire, atau kadang dikenal dengan Establishing Shot, adalah melihat peristiwa secara keseluruhan, mengeksplorasi lokasi, melihat beberapa sudut pandang, mengenal wilayah, mengenal warna, tekstur, pola, memperkirakan gesture.
  • Detail, setalah proses Entire, seorang fotografer kemudian mulai menetukan “point of interest”dari medan yang dia explore sebelumnya. di posisi ini seorang fotografer harus sudah menentukan titik dimana ia akan mengambil gambar, dan harus fokus pada tujuan tersebut.
  • Frame, proses membingkai, proses menyajikan point of interest kedalam sebuah foto, apa yang harus masuk dalam foto dan apa yang harus disingkirkan dalam frame foto.
  • Angle, darimana foto itu akan dibidik, memperkirakan arah cahaya, menilai dari sudur pandang mana foto itu akan baik diambil.
  • dan yang terakhir adalah Time, waktu pengambilan, kapan seorang fotografer harus memencet shutter, sehingga ia mendapatkan foto sesuai dengan apa yang ia inginkan sebelumnya.

Paragraf penutup kiranya adalah inti dari workshop yang saya dapatkan kali ini adalah, bahwa seorang fotografer harus terlebih dahulu membangun konsep dalam pikirannya, tentang apa yang akan dia foto nantinya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: