Saturation, Hue & Luminousity

Saturation, Hue & Luminousity
3 hal diatas pernah ada dalam pikiranku, apa yang membedakan diantara ketiganya. waktu itu saya bingung karena dengan merubah salah satu dari mereka, warna image bisa berubah. tapi kemudian saya tahu dari buka buka ebook, ketemu arti Saturation dan Hue. dan akhirnya Luminousity juga saya temukan langsung di web canon japan.

this image is taken from http://www.canon.jp

  • Saturation saya artikan sebagai kekentalan warna, dengan mengganti slider saturasi berarti kita menambah atau mengurangi kekentalan warna tersebut
  • Hue saya artikan sebagai lingkaran warna, bayangkan sebuah lapangan lari berbentuk lingkaran yang berisi perubahan warna, anda berada di tepi CD tersebut dan berlari, maka akan anda temui warna biru kemudian ungu, kuning, hijau coklat kemudian merah dan kemudian kembali ke warna biru (cmiiw). dengan mengganti slider Hue berarti kita mengganti warna dasar dari image tersebut
  • Luminousity adalah tingkat kecerahan warna (perhatikan bahwa hal ini berbeda dengan saturasi), dengan menggeser slider luminousity berarti kita telah mengatur tingakat gelap terang warna.

sekarang tercerahkan bukan?

  1. hem2..paham kak.
    berarti kalo aku mau buat foto efeck sephia, berarti aku harus mengeser hue ke arah coklat, saturation nya di tinggin, luminositynya di rendahin..

    gitu gak gak??
    muups kalo oon, neewbie bru mu beljar.

      • iphoer
      • November 27th, 2009

      kalau pengin mudah, buat black&white di PS dengan toning shepia.
      atau dengan DPP canon juga bisa,

      kalau cuma menggeser hue ke arah coklat, tidak semua warna berubah jadi coklat, warna yg lain tergeser warnanya juga.

      salam,

  2. yoi bang, tercerahkan.
    dari dulu bingung ama sistem warna HSL
    maklum lah bang, biasa pake cmyk :p

  3. makasih bang infonya..sekarang pertanyaan dalam benak saya sudah terpecahkan..ditunggu artikel lainnya bang..regards

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

