tips memilih lensa bekas

imageslensa bekas? tidak masalah tentunya bagi para hobbyist photo, salah satunya karena faktor harga yang cenderung terjangkau dari pada harga barunya. tetapi bagaimana cara memilih lensa bekas yang bagus? sehingga kita tidak akan kecewa dikemudian hari.

beruntung saya dapat konsultasi dengan photographer senior, sehingga beliau memberikan pencerahan kepada saya yang saat itu bingung mau mencari lensa bekas, berikut ini penjelasannya :

  1. usahakan jangan membeli lensa bekas via internet, karena akan lebih baik jika anda datang langsung mencoba lensa tersebut.
  2. pergilah ke toko lensa, coba lensa yang baru, mengertilah tentang ring AF dan ring zoom-nya. beberapa lensa berputar ring AF nya saat ia mencari fokus, hal ini akan berpengaruh pada penggunaan filter circular polarize (CPL). dengan anda mengerti kondisi lensa yang baru, diharapkan nantinya anda mendapatkan acuan perbandingan untuk lensa bekas.
  3. kemudian cari lensa bekas, perhatikan kondisi fisik luarnya, jika ada aus pada ring zoom atau sedikit pudar warnanya, maklumilah hal tersebut. tetapi anda jangan mau berkompromi dengan cacat pada lensa karena benturan. lihatlah pula bagian depan lensa, apakah kondisi nya masih mulus atau sudah terkena baret.
  4. yang tidak kalah penting adalah perhatikan baut di bagian luar dan dalam lensa, jika kondisi baut tidak bagus, berarti lensa tersebut pernah di buka sebelumnya.
  5. untuk kondisi dalam lensa, bawalah senter kecil untuk melihatnya, bisa dari depan atau dari belakang, perhatikan debu yang menempel pada bagian dalam lensa. apakah masih bisa di tolerir atau tidak.
  6. cobalah pasang lensa tersebut pada kamera. untuk ngecheck DOF (depth of field) gunakanlah selembar kertas koran. letakkan koran pada bidang datar, ambil photo koran tersebut pada sudut sekitar 40 derajat. fokuskan pada salah satu kata, misalnya kata “curanmor”, lihat hasilnya, jika kata curanmor lebih jelas dibanding kata2 disekitarnya.., berati kondisi lensa masih bagus, akan tetapi hasil photo bisa menunjukkan miss fokus jika yang tajam bukanlah kata curanmor tersebut, pengecheckan ini sangat bermanfaat terutama untuk lensa dengan spesifikasi bukaan diafragma yang besar, seperti diafragma f/2.8 kebawah.

itulah tadi ilmu yang saya dapatkan, semoga kawan mendapatkan lensa bekas yang terbaik dan sesuai kebutuhan.

  1. blognya keren bro, tips2 nya juga berguna bgt.
    bisa tanya2 nih sama yang lebih pro, hehe

    gw temennya ico juga nih ^^

      • poer
      • May 26th, 2009

      sama bro, masih belajar … lagi jarang hunting nih,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: